Rabu, 19 Mei 2010

Terinspirasilah untuk Bersepeda



Banyak alasan orang yang dipakai para mahluk yang namanya manusia untuk mulai menggandrungi kehidupan genjot, goel, ngontel, gowes, atau apalah sebutan lain untuk bersepeda.

Dari yang umum seperti ingin olahraga, ingin sehat, ngurangin lemak...ke yang lebih heroik macam ingin mengurangi polusi, atau mengurangi kemacetan... mungkin yang agak klise macem ikut2an tren bike2work , maklum gan hari gini sepeda udah jadi ukuran tingkat kemapanan juga...lha wong harga sepeda ada yang nyampe puluhan juta..he3, walau tetep pakai betis supaya bisa jalan tapi tetteup beda gengsi lah antara pakai federal ama pake santa cruzz. Atau bahkan yang agak menyedihkan seperti kepaksa naek sepeda karena gak punya alat transportasi laen...yah dari pada jalan kaki ya mending ngontel yo to...ha3 (ini saya banget sih......).

tapi kemarin gwa menemukan alasan yang agak menarik dari seorang teman sesama pejalan sambil neduh di kolong fly over pejompongan. ..si bapak tua itu bilang kenapa ia bersikukuh ngontel pulang balik bekasi tanah abang pakai sepeda. Ia cuma bilang.."saya sih pakai sepeda karena nyepedah itu sedekah buat saya"

Otak saya yang agak bego ini pun mulai mencoba mereka-reka dari sisi mana speda bisa nyedekah ya?? Tapi karena bego-nya, akhirnya saya pun bertanya lagi pada si bapak tua itu. "maksudnya apa pak?"

"ya..sepeda itu sedekah saya buat anak cucu saya...sepeda juga sedekah buat orang-orang yang pakai mobil2 mewah itu" si bapak itu berujar. Wah otak yang bego ini pun makin dibuat bingung oleh jawaban si bapak tua....."duh pak saya mangkin kagak ngarti nih..."

"begini ya mas...sekarang kalau kita pakai sepeda setiap tetes keringat yang kita keluarkan itu sebenernya setara dengan niat baik kita untuk tidak mengotori udara, menghemat BBM, tidak ikut serta bikin macet...ya nggak? Jadi setiap kali kita memutuskan untuk ngontel, berarti kita itu sedang menyedekahkan banyak hal buat orang lain. Udara bersih yang tidak kita kotori, yang alhamdulillah mungkin digunakan oleh orang2 yang kita sayangi. BBM yang tidak kita keluarkan mungkin akan digunakan oleh anak cucu saya bwat pergi ke sekolah, bwat istri saya masak. Kita juga tidak ikut2an bwat macet...yang mungkin bisa bikin anak2 sekolah tidak telat ke sekolah, bikin ibu-ibu hamil bisa sampai ke rumah sakit dengan cepat, atau malah bapak presiden bisa sampai ke istana tepat waktu untuk menjalankan tugas kenegaraannya. ..."

jadi mas bisa bayangkan berapa sedekah yang bisa kita lakukan dengan setiap tetes keringat kita. Jadi nggak usah malu lah ngontel...menurut saya itu bisa jadi sumber amal bwat orang-orang yang tidak mampu beramal dengan harta macem kita ini. Pokoknya saya tuh yakin banyak orang yang akan saya buat tersenyum kalo saya ngontel setiap hari.

sambil bengong...saya pun lantas berkata dalam hati, "bapak tua ini tukang apa si sebenernya.. .cakeubh banget filosofinya. "

Sepeda= Sedekah
mungkin ada juga teman2 yang punya filosofi ini, tapi sumpah baru kali ini mampir ke otak saya yang bego ini...

Hujan pun berhenti kamipun berpisah..ia pulang ke bekasi, saya lanjut genjot ke pramuka. Dan sepanjang perjalanan dalam hati saya berdoa, semoga sedekah yang saya lakukan bisa membantu saya kelak di akhirat nanti...amin

salam hormat,
sapi gila
"biar sepeda yang ngibul"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar