Rabu, 19 Oktober 2011

Klaten, 7 Bulanaan Citong

Perjalanan kembali dilanjutkan, Sabtu 8 Oktober 2011
Dengan tujuan ke Klaten
Sudah satu bulan lebih, ini acara sudah di tag
ga boleh gagal...Citong tujuh bulanan calon bayinya

Hm..dari pda sendiri mending ngajakin Hen lagi neh
icip-icip sebagai salah satu trip liburan kita. Secara sejak satu bulan lalu, kita berdua jalan-jalan mulu tiap minggunya...hehe...asik kan..
Ya harus dilakukan, disempet-sempetin. Yang pening kerjaan kelar.
Kalo kita mikir kerjaan mulu, nanti bakal cepet ua loh..hakaka..mumpung masih muda, kita main di puas-puasin

Berangkat dari kosan, menuju ke Stasiun Kereta Api Purwokerto, sekitar pukul 05.30. Mata masih ngantuk, tapi kudu berangkat, biar ga ketingalan kereta. Untung dah dapet tempat duduk jadi, nyantai saja...tempat duduk kita berhadapan dengan pasangan yang sduah tidak muda lagi. Mereka berdua menuju ke Surabaya.

Perjalanan kali ini masih seperti biasa banyak bakul yang berlalu lalang. Wajib beli ya, apalagi kita yang sukanya kelaparan...hakaka...Eh, inget, waktu ke Bandung ada banci ngamen yang cantik. Tapi sayang yang kita temuin saat perjalanan menuju ke Jogja, pengamen bancinya mengerikan. "Masa mukanya laki banget, mana kakinya penuh bulu," ucap salah seorang penumpang dibelakang saya. hakaka...memang cantikan yang mbak di Bandung itu.



Hening memang orang yang menyenangkan, selalu saja da yang diomongin kami berdua. Entah bergosip, soal style, impian, ato hanya sekedar 'joke' saja. membuat perjalnan tidak membosankan. Oh...walo kadang memang ada jeda sedikit. Maklum kami adalah orang sanguinis, yang sangat membosankan.

Sampai di Klaten sekitar pukul 10 an ya. hm...di stasiun yang kecil dan panas tersebut ternyata diatas ketinggian 151 meter..uh, lebih tinggi dari Purwokerto ya..
Penjual dan orang-orang disitu sangat ramah, ya soalnya mereka menawarkan dagangan serta bantuanny untuk mengojek dan becak..hehe..

Lapar sudah tak tertahankan, jadinya sebelum kita ke rumah si Citong, kita makan dulu. Yang terdekat, tahu kupat. "Ini bukan tahu kupat khas Magelang," ucap Hening wartawan Mertobis itu. Mana tahu kupatnya pedes banget. Jadi selera makannya hilang..hakak...maap Hen, emmang bukan khas Magelang, orang lagi ada di Klaten.

Next Destination adalah ke rumah Citong yang sduah ditunggu-tunggu kehadiran kita. buwat moto acara mereka. Siraman tujuh bulanan Citong, dengan calon bayinya. Nyarilah kita tukang ojek yang mau nganterin kita ke Kecamatan Wedi. Pasalnya, di rumah Citong ga ada orang yang mau jemput, semua sibuk dan sedang menunggu acara. Jadinya kita ngojek sama bapak tukang tahu kupat. "kalih doso mba," ucapnya ketika kita menawar harga. Tak bisa kurang apalagi nambah, si bapak tetp kekeh dengan harag segitu. Akhirnya kami setuju, dan dia mencari satu ojek lagi. ya iyalah, kita kan orang dua, mas boncengan bertiga..hakaka...ga bakal muat ya. Apalagi ale yang gendut kie..

Ternyata-eh ternyata si bapak ojek tahu kupat ini belum ngerti tempat yan citong. Jadi harus dua kali tanya ke orang-orang. Padahal pasa setelah pasar, ale masih inget jalan kesana loh. Tapi si Bapak ojek ini sok ketahuan. Apalagi, si bapak ojek yang satunya lagi. Yang mboncengin si Hen uring-uringan, dan ga ikhlas banget gitu. Jadi biin kita ga enak perjalnannnya. Didukung cuaca yang panas sangat. ah..nikmati saja. "itu prinsip kami, yang penting heppy,"


Sampai juga ditempat Citong. Pas banget acara mau dimulai. Kamera di set sedemikian rupa biar pas saat jepretnya. Nikon D90 memang mantapz. Bening..hakaka....Kapan ya punya nyang kayak gitu. Hm..suatu saat nanti. Sementara pake Samsung ES15 dulu lah.

Pas nyampe, suasana memang panas, tapi karena didepan nya ada kebun jagung, bikin angin semilir-semilir bikin agar tidak gerah. Disambut Citong dan om Ndut. Citong pake kemben dari kain, lalu diatasnya dikalungin rangkaian melati. Diepalanya diikatkan mrangkaian melati juga. Persis kayak orang mau nikah, saat dilakukan siraman. Bedanya, pas mau nikah perutnya belum buncit, kalo yang sekarang sudah buncit. hakaka...Dan Om Ndut pake Blankon, kayak ki demang. Hakak..lucu.

Didalam rumah Citong, sudah ada keluarga om Ndut yang lama ga ketemu. Hakak...ale masih tetp katrok, diacara resepsi kayak gitu malah pake celana pendek. untung si Om Ndut sama Citong ga masalah. Dan yang utama tamunya kala itu tidak sebanyak pikiran. Alhamdullillah.

Prosesi pertama diawali dengan sungkeman kepada kedua orang tua. Baik yang pria dan wanita. Lalu, Citong diarak keluar rumah. Samping rumah tepatnya untuk dimandikan oleh tujuh orang. Orang tua, sama sodara terdekat. Om Ndut ga nyiram, soalnya takut airnya malah buat dia mandi sendiri..hehe...

Abis itu. ada prosesi, belah kelapa gading kecil Sebagai simbol untuk menentukan kelak anaknya seperti apa (ini hanya mitos, jangan dipercaya) hakaka...harusnya sekali saja langsung terbelah si duren itu, eh kelapa ding. Dengan sekuat tenaga om Ndut membelah kelapa tersebut. Akhirnya..hm...terbelah juga..huft, penuh perjuangan, sianak ini pasti hidupnya nanti penuh dengan perjuangn seperti ayahnya.hehe...

Udah gitu, giliran si ibu dan ibu mertua menggelindingkan kelapa gading dari atas perut yang sudah ditutupi dengan kain, dan kemudian di terima oleh ibu citong menggunakan kain. Abis digelindingkan, tuh kelapa dibawa ke dalam kamar. Entah buat apa, lupa nanya.

Selanjutnya, acara yang aneh lagi. Cocok-cocokan kain kepada sang calon ibu. Ada tujun pasangan kain yang disiapkan oleh si ibu dukun (eh apa sebutannya ya...ah ibu dukun aja lah). Sebelum yang terakhir, kita tidak boleh menjawab cocok. "Padahal kita bisa ngerjain ya di tengah-tengah kita kompak bilang cocok," ungkap IbunyaOm Ndut. Hakaka..gokil juga nih tante. Tapi ga dia lakukan, karena adatnya seperti itu, dan juga dsi ibu Dukun selalu bilang, ga cocok dulu. hakaka...(padahal, kain yang terakhir bener2 ga cocok buat citong). tapi bagaimana lagi, bu dukun udah bilang gitu..hakaka...

Ah prosesinya panjang, lupa. Soalnya cuaca sangat panas. Bikin otak membara dan meleleh. hehe..alasan..Abis itu CItong ganti pakaian. dan Giliran makan, burung emprit, lele, rujak. Hm...Dasar lagi laper, dihabisin lah oleh Om Ndut. hakaka...lucu...

Terus ada Bancakan kepada warga sekitar dan anak-anak kecil. Ya walaupun isinya cuman nasi, kluban dan telor, tapi nampak enak sekali. Bikin kita kelaperan lagi. Hakaka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar